Cara Berhutang Yang Baik dan Benar

Cara Berhutang Yang Baik dan Benar

Jadi gini.

Kemarin gue nongkrong, sama temen-temen. Di cafe *********** . Yak, mampus kan lo sensor semua nggak bisa ngira-ngira cafenya apa. Intinya gue pesan affogato. Biar gaul.
Terus gue mau foto buat instagram, jadi makin gaul. Gue fotonya dari macem-macem sudut, tapi nggak ada yang artsy, gagal. Es-nya keburu cair.
Bentukannya kaya bajigur rasa kopyor. Belenek jadi satu. Fail.
Gue sedih, tapi nggak nangis. Soalnya gue jantan. Nggak kaya temen gue, rumahnya kebakaran nangis.
Dikira air mata bisa padamin api segede rumah apa?
Bego ya dia?

Nggak lama, temen gue dateng. Pesen air mineral. Culun. Nggak kaya gue. Gaul.
Dia duduk deket gue. Air mineralnya nggak matching sama affogato gue. Gue pindah meja, nggak mau affogato gue turun kasta.
Eh, dia ikut pindah. Bulu halus gue mencium aroma tidak sedap. Sepertinya ada yang tidak beres sama ini manusia.

Gelagatnya makin aneh. Dia nyeruput air mineralnya yang cuma lima ribu itu dengan nggak santai, Sssrrruuuuupt!
Gue nanya, “Apaan sih, lu! Biasa aja kalih, nggak usah bunyi.”
Terus gue nyeruput bajigur rasa affogato gue. Tapi pelan. Manner abis.

“Kedengeran nggak, suaranya?” kata gue.

Dia bilang, “nggak.”

“ini namanya suara mahal.” Padahal emang nggak bunyi.

Temen gue kesel, idungnya kembang-kempis. Tapi dia nggak marah-marah. Gue makin curiga.

“Lo kok nggak marah?” Gue heran.

“Nggak, soalnya lo ganteng banget hari ini.” Dia ngomong sambil alisnya ngangkat dua kali. Yang kanan setengah cm, yang kiri satu cm. Ih, mukanya asimetris. Mencurigakan.

“Dih, apa-apaan nih? Kok omongan lo kaya orang mau ngutang gitu sih?”

“Nggak, kok.” Dia senyum. Tapi nggak manis sama sekali. Mungkin karena cuma pesan air mineral. Nggak kaya gue, affogato. 

“Ah, masa?”

“Serius.”

Semakin dia denial. Gue semakin curiga. Tapi karena gue sangat cerdas. Lebih cerdas dari lumba-lumba juara kelas, gue pancing dia sampai ngaku.

“Yakin banget nih, lo nggak mau ngutang? Padahal gue lagi megang duit.”

“Yakiiin~.”

Ah, gue masih nggak percaya. Gue keluarin duit Selembar lima puluh ribuan dari dompet, “Ops, keluar duit gue nggak sengaja. Wah pas banget ya buat bayar affogato gue,” lalu gue taruh di meja selembar kertas biru itu.

“…” Dia ngelirik. Sepertinya rencana gue berhasil. Tinggal sedikit lagi.

Uhuk! Gue batuk, “Eh lompat duit seratus ribuan gue. Wah, belum kepake neeh.”

“…” Matanya fokus ke duit gue. Sip, sepertinya rencana gue berjalan mulus.

“Yakin lo nggak mau ngutang?”

“Nggak, men.”

“Ah, masa sih?! Jadi ngapain lo ke sini? Biasanya kan ngutang.”

Gue heran. Di titik ini gue bete. Biasanya tebakan gue selalu benar. Dia mau ngutang. Lalu gue berhasil menggagalkannya dengan bilang NGGAK ADA!

Mungkin gue terlalu suuzan. Gue merasa berdosa. Jadi gue tanya dia baik-baik.

“Jadi lo ke sini mau ngapain memang?”

“Biasanya kan kalo gue ngutang lo bilang nggak punya duit. Jadi tadi cuma niat aja, belum mau. Sekarang baru . . . ”

“Ngutang?”

“Kagak, pinjem duit!”

Manusia berlubang hidung dua itu lalu merampas duit merah gue dari genggaman. Lalu pergi ke arah matahari terbenam. Keren sih, buat foto instagram.
Tapi artinya gue jadi terpaksa pinjemin duit gue yang tinggal selembar itu. Aseeeem~
Gue jadi nggak bisa pesen minuman lagi. Duit gue abis. Affogato gue yang sudah bermetamorfosis jadi bajigur itu juga udah abis sekali teguk.
Mas-mas tukang billing udah ngelirik-lirik gue.
Matanya bilang, “Minumannya abis ya, mas? Kalo udah nggak mau pesen lagi ngapain lu masih di sini, Cihh. Bungkus gorengan magrib!”
Gue terhina. Gue pulang. Sedih. Nangis.

Andai gue biarin aja affogato gue semeja sama dia. Semua ini nggak akan terjadi.

Pesan Moral:

“Jangan pesan affogato kalau mau nongkrong lama.”

 

Udah, selesai ceritanya.

Tapi gue punya tips buat kalian yang mungkin senasib sama gue. Kalian bisa terhindar dari kaum utangers seperti mereka.

Tonton ini:

Share the joy

3 Comments

  1. Mau gimanapun, ngutang adalah salah satu trik bertahan hidup yang wajib dimiliki mahasiswa, terutama yang ngekos.

    Ngutang juga menjaga hubungan sosial antar manusia.

    Anyway Thanks banget buat tips nya kak Arie.

    Reply
  2. Gw klo punya temen suka ngutang, KEMPLANG AJE PALANYA!

    Reply
  3. Hm…, ada dua hal yang bikin kesel kalau ada yang ngutang.
    Pertama. Kalau yang ngutang keseringan ngutang.
    Kedua. Kalau yang ngutang, lupa atau sok-sok’an lupa sama utangnya.

    Reply

Leave a Reply to Ceceeen Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

css.php